Simpel, Resep Masak Belut Seperti Ini Ternyata!

Resep masak belut ~ Mungkin tak semua orang senang memakan belut. Jenis ikan ini memang tak sefamiliar ikan lainnya untuk dijadikan menu memasak. Namun, tak ada salahnya mencoba resep masakan belut sebagai alternatif menu.

Petunjuk Resep masak Belut

Ikan belut memiliki lendir yang harus dibersihkan sebelum diolah. Selain itu bau amis dan bau tanah kadang tercium ketika memakannya. Maka jika kesulitan untuk memasak, beli saja belut yang sudah dikuliti dan dibersihkan di pasar atau supermarket langganan Anda.

Kecuali bila ingin memasak belut segar. Cara mengolah masakan belut yang simpel adalah dengan digoreng, bisa pula dipenyet atau ditambahi bumbu. Berikut ini kita akan coba membuat resep memasak belut penyet ditambah sambal bawang yang lezat. 

Resep Masak Belut
Resep Masak Belut

Pertama siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu:

  • 500 gram belut yang sudah dicuci bersih di bawah air mengalir (cara mengolah masakan belut agar tidak pahit, belah belut di bagian perut, memanjang searah badan belut, isi perut dikeluarkan sampai tulang punggungnya, jaga agar tidak mengoyak atau melukai daging belutnya)
  • 1 butir jeruk nipis, peras airnya
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • 350 ml air
  • 5 siung bawang putih, memarkan
  • 7 butir bawang merah, memarkan
  • 1 sdt garam (secukupnya)
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 ½ sdt bubuk ketumbar
Untuk membuat sambalnya siapkan 5 buah cabai merah keriting, 3 buah cabai rawit, 4 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 buah tomat, ½ sdt terasi, ½ sdt garam, ½ sdt gula, air jeruk limau secukupnya. 

Sedangkan cara mengolah masakan belut ini dengan melumuri belutnya memakai perasan air jeruk nipis dan garam. Potong-potong ukuran 10 cm. Campurkan semua bahan dengan belut, aduk rata diamkan sekitar 30 menit agar meresap. Siapkan minyak dan goreng belut setelah panas. Jika telah matang, tiriskan belut, penyetkan. 

Resep masak belut
penyet ini semakin nikmat ditambah sambalnya. Tumis bawang, cabai, terasi dan tomat. Lalu diulek dengan tambahan garam, gula dan air jeruk limau. Sambal disajikan di dekat penyetan belut dan taburkan bawang goreng. Sedap!

1 Response to "Simpel, Resep Masak Belut Seperti Ini Ternyata!"

  1. Las Vegas Casino & Resort Map and Directions - Mapyro
    The Wynn Hotel in Las Vegas is located 계룡 출장안마 on the 충청남도 출장안마 Las Vegas Strip and features 익산 출장마사지 an 김제 출장샵 outdoor pool and a restaurant. The Wynn Hotel has 9 restaurants and Distance to airport: 3.6 miNearest airport: McCarran International Airport 서울특별 출장마사지 Rating: 8.4/10 · ‎3,440 reviews

    ReplyDelete

Powered By Blogger